REPUBLIKA 21
Senin, 24 Agustus 2009
Sejarah
penerbangan legendaries
Kisah
penerbangan celebi bersaudara menjadi sebuah kisah yang melegenda, dicatat oleh
seorang penuis abad ke-17 M. yakni Evliya Celebi dalam bukunya “seyahatname”
menulis tentang penerbangan “hezarfen”
Hezarfen
berusaha melakukan penerbangan dengan meluncur dari atas menara Okmeydani
antara dekapan kekuatan sayap yang diterpa angin. Juga dari puncak menara
Galata menuju Dogankilar di Uskudan.
Hezarfen
adalah nama yang diberikan Eulya Celebi yang artinya seribu pengetahuan, namun
lahirnya adalah Ahmad Celebi Eulya juga menuliskan kisah Lagari Celebi
penerbang roket dengan menggunakan bubuk mesiu.
Sultan
Murad ke IV kagum akan pencapaian Hezarfen dan mengatakan bahwa dia telah membuka
era baru dalam sejarah penerbangan, keberanian dan kehebatan Celebi bersaudara
terukir dalam sejarah penerbangan, untuk mengenang jasa-jasa merekanya namun
mereka diabadikan pada sebuah bandara utama Istana oleh pemerintah Turki.
“Kisah penerbangan
Celebi bersaudara”
Pada
abad ke-17M dua ilmuan muslim berhasil melakukan uji coba penerbangan Celebi
bersaudara dikenal sangat tertarik dan cinta terhadap ilmu pengetahuan
khususnya fisika, yang terkait dengan dunia penerbangan.
Celebi
bersaudara berhasil menerbangkan pesawat ciptaan mereka sendiri meskipun dengan
teknologi yang cukup sederhana. Tetapi pesawat hasil ciptaan mereka merupakan
model dari pesawat-pesawat di dunia penerbangan modern saat ini.
·
Hezarfen Ahmad Celebi
Ketika terjadi
pertempuran sengit di laut antara tentara Turki Usmania dengan pasukan asal
Genoa, Italia. Tentara Turki termasuk Hezarfen menjadi pemenangnya.
Hezarfen
menikah dengan Fransesca, putrid sang kapten kapal dan Genoa yang selamat dari
pertempuran dan menjadi tawanan tentara Turki Usmani. Fransesca merupakan
perempuan yang cerdas, dia memiliki ilmu pengetahuan dari riset-riset
penerbangan yang dilakukan di negaranya
Fransesca
dan lagari Celebi membantu Hezarfen melakukan riset untuk menciptakan pesawat
penerbangan, Hezarfen terobsesi menciptakan pesawat terbang karena trinspirasi
oleh ilmuan muslim yang tertarik dengan dunia penerbangan yakni ismail
ceuheri.tetapi ismail gagal ia meninggal saat melakukan uji coba pesawatnya
terbang dari sebuah menara pada abad ke 10,karena ismail kurang memiliki
pengetahuan tentang areodinamica sayap.
Hezarfen
berupaya keras menyempurnaakan riset penerbangan ismail ceuhari bersama
sodaranya,ia melakukan sisa study terhadap burung dan melakukan percobaan
sebanyak 9kali.
Hezarfen
memperagakan penerbangan pesawatnya di depan sultan murad IV dan pendudukan
Istanbul pada tahun 1630,dan menara galata yang tingginya 183 kaki. Pesawat
terbangnya terbuat dari kulit binatang yang di sangga oleh rangka-rangka kayu.
Hezarfen berhasil terbang dengan tinggi diatas 150m dari permukaan laut menuju
oskuda dan mendarat dengan selamat di poganeiandi oskuda.jarak tempuhnya 3200m.
Hezarfen
merupakan orang pertama yang melakukan penerbangan lintas benua dari eropa
menujun asia.
·
Lagari hasan celebi
Lagari adalah
sodara hezarfen,ia melakukan penelitian pesawat terbang bertenaga dorong
ledakan yang sekarang disebut roket.lagari pertama kali menerbangkan roketnya
saat kelahiran putri sultan murad IV dari istana copkapi,Istanbul tahun 1673.
Parasut untuk mendarat di tempat
peristirahatan Seltan Muad IV di Sinan Pasha. Peristiwa itu dicatat sebagai
peristiwa penerbangan vertical pertama di dunia dengan system roket. Menurut
sejarah Lagari berhasil mencapai kira-kira 300 meter dalam waktu 20 detik.
Karena prestasi mereka yang
gemilang Sultan Muad member hadiah Hezarfen 1000 keping emas dan Lagari menjadi
pejabat militer terpenting AD turki, Akibat nitric politik hubungan Celebi
bersaudara dengan Sultan Muad IV menjadi renggang sampai memburuk yang
akhirnyua Celebi bersaudara dibuang ke Afrika dan Al-Jazair, dengan status
tahanan politik dan mereka meninggal di Crimea sekitar tahun 1940 tempat
percobaan roket rusia yang pertama.
Kehebatan dua ilmuwan penerbangan
bersaudara saat itu menghebohkan Negara-negara Eropa dan menjadi buah bibir
public Inggris tahun 1638 dan di catat penulis terkenal John Wilkins dalam
bukunya “Discover Of New World”.
Republika 20
Jum’at 21 Agustus 2009
Konservasi
Lingkungan Dalam Pandangan Islam
Dalam Ekologi Islam, semua
ciptaan di semesta alam ini milik Allah SWT dan bukan milik manusia, jadi
pemikiran semesta alam, tumbuhan, hewan diciptakan dan diambil keuntungan
masausi sampai mendorong pengerusakan alam dan hasil-hasil alam tidak
semestinya adalah tidak semestinya adalah tidak benar, Ajaran Islam mengajarkan
alam semesta setiap waktu berdzikir beribadah mengagungkan Allah SWT. Alam
semesta ini mengabdi kepada allah SWT maka alam tidak boleh dirusak demi
kepentingan manusia yang serakah.
Islam mengajarkan umatnya berbuat
baik kepada lngkungan, binatang maupun tumbuhan.
Nabi Muhammad SAW bersabda
siapapun yang berbuat baik kepada alam dengan hati yang tulus akan mendapat
pahala. Ibnu Talmiyah mengatakan ayat-ayat Al-Qur’an mengingatkan bahwa Allah
SWT menciptakan alam untuk alasan yang lebih baik dari pada hanya untuk
melayani manusia.
Enviromentali modern bernama
Mawil Y Izzi Dean menegaskan melestarikan lingkungan hukumnya wajib menurut
ajaran islam.
Asisten professor Universitas
Kins Abdul Aziz Univrsity Jedah dalam essainya yang berjudul “Islamic
Enviromental Ethies Law And Society” menuturkan konservasi lingkungan harus
dilakukan sebab lingkungan merupakan ciptaan Allah SWT.
Sejak zaman Nabi Muhammad SAW
islam telah mengajarkan untuk melakukan konservasi alam yang merupakan zona
proteksi yang tidak boleh di berdirikan bangunan atau di buat lading.
Hma digunakan untuk melingungi
tumbuhan dan satwa liar.Jika lingkungan dirusak dan tidak dijaga maka akan
menimbulkan berbagai macam bencana dan penyakit.
Ekologi
dan kesehatan dalam apndangan Ilmuwan muslim
Beberpa ilmuwan muslim dizaman
keemasan Islam yang mengkaji hubungan Ekilogi dan kesehatan antara lain :
·
Al-Kiridi (Yaqub Ibnu Ishaq Al-Kindi abad ke -9
m)
Menulis risalah cara-cara
mengatasi peklosi udara agar tidak berbahaya bag kesehatan dan bahaya polusi
udara terhadap kesehatan itu yang sumbernya adalah buku sabian atau pengetahuan
sekte mandian yang merupakan pemuja binatang di Babilonia.
·
Qusta Ibnu Luqa (abad ke 10m penulis dan
penerjemah buku)
Salah satu karya besar yang
ditulis Ibnu Luqa adalah : “Medical Reigme For The Pilgrims co Mecca” (buku
pedoman kesehatan bagi para jamaah haji). Buku ini petunjuk kesehatan jamaah
haji menghadapi lingkungan ekstrim si Madinah.
Beberapa buku tersebut juga
berisi tentang kaitan antara penyakit dengan lingkunganya diantara pada BAB 4
di bahas tentang berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh hembusan angin
yang berbeda-beda. BAB 6 memaparkan tentang batuk dan pilek yang di sebabkan
oleh perubahan cuaca dan cara menyembuhkanya. BAB 7 mengkaji penyakit mata yang
disebabkan oleh debu dan angin serta cara menanganinya. BAB 8 pengujian
berbagai macam air untuk mencari jenis air terbaik dan pada BAB selanjutnya
memaparkan cara memperbaiki air yang telah terkontaminasi.
·
Al-Razl ( )
Al Razl terkenal sangat peduli
dengan berbagai macam kejadian alam. Dalam buku versi bahasa Inggrisnya “Types
od water” dia mengkaji masalah air dari berbagai sudut pandang baik secara
medis, geologis, dia juga menulis risalah “Epistle od Chronoc Coryza at The
Bloom Of The Roses” menggambarkan efek debu sebuk sari pada bunga mawar dapat
menyebabkan saluran pernafasan manusia.
·
Al –Tamimi (abad ke 10 m)
Al-Tamimi membuat buku secara
berseri yan diklasifikasikan sebgai berikut :
a)
Pertama :
Berbagai tipe polusi udara dan hubunganya dengan kondisi geografi.
b)
Kedua :
Berbagai penyuakit akibar polusi udara dan berbagai macam infeksi alami.
c)
Ketiga :
Prosedur higienisasi ingkungan ketika epidermis terjadi.
d)
Keempat :
cara mengatasi polusi air.
e)
Kelima :
Cara merawat air di alam dan berbagai macam polusinya.
f)
Keenam :
Obat untuk menuatkan pertahanan tubuh.
g)
Ketujuh :
Penggunaan wewanian, musik dan terapi psikologi guna meningkarkan kekebalan
tubuh dan infeksi.
h)
Kedelapan :
Tentang cirri-ciri cacar dan dampaknya serta cara mengobatinya.
i)
Kesembilan : Obat-obatan bagi penderita masuk
angin.
Al-Tamimi juga menulis buku
tentang jus asam dan acar untuk mencegah penyakit. Metoda memperbaiki kualitas
udara dan meningkatkan pertahanan tubuh dari penyakit.
·
Abu Sahl Al-masihi
Al Masihi adalah ilmuwan yang
terkenal karena ketuturan dan kejelasanya dalam mentusun karya. Dia
mengklasifikasikan penyakit berdasarkan penyebabnya (diagnosis), menentukan
cara penyembuhannya serta Jadwal pemberian obat dan alasanya.
Al-Masihi menulis risalah yang
dijadikan empat seksi, diantaranya :
1.
Pentingnya udara untuk kehidupan, perubahan
komposisi isi udara, dampak udara terhadap kesehatan tubuh, cara epidermi menjangkit
cara pencegahan dan penyebuhanya sesuai tipe-tpe epidermi penyakit.
2.
Menganalisa perbedaan penyakir, Endemik,
Epidermik dan penyakit akibat bencana.
3.
Beberapa sebab epidermik antara lain tingkat
kelembaban udara tidak normal juga bencana alam.
·
Ibnu Sina
Tema yang di angkat Ibnu Sina
tentang Ekologi dan kesehatan adalah antara lain :
o
Proses pelapukan
o
Tipe udara termasuk kualitas daya dan cara
perawatanya.
o
Penyakit-penyakit yang desebabkan udara yang
tidak murni.
o
Cara mendesain rumah.
o
Pemilihan lokasi rumah berdasarkan kesehatan.
o
Binatang-binatang yang menimbulkan polusi dan
penyakit
o
Tanda-tanda alam yang menunjukan bakal munculnya
wabah atau bencana alam seperti tikus dan binatang-binatang di dalam tanah
keluar ke permukaan.
Republika 21
Rabu, 27 Januari 2010
Hidup dan Karya Ibnu
Arabi
Nama lengkapnya adalah Abu
Abdullah Muhammad Bin ‘Ali Ibnu Muhammad Ibnu Al Arabi Al-Hatimi – Al-Tha’i.
Lahir di Murcia 28 Juli 1165
Pada saat berusia 35 tahun ia
melakukan perjalanan ke mekkah dan tinggal sekitar 3 tahun dan menuliskan karya
yang paling terkenal, Al-Futuhat Al-Makiyyah.
Pada tahun 1223 menetap di
Damaskus Surriah sampai meninggal. Semasa hidup menurup Saiffudin Amsir dia
memiliki sekitar 4000 buku dan 20 Karya utamanya tentanf tasawuf yang terkenal
adalah Futuhat Al Makiyyah dan Fusus Al Hikam, ia juga menulis Diwan, yaitu
koleksi puisi yang terdiri dari 5 volume. Miskhat Al-Anwar berisi koleksi
penting hadist-hadist Qudsi, Berbahai tanggapan nterhadap kritik kepadanya
dipublikasikan dengan sebuah komentar yang menjelaskan makna dari symbol-simbol
puitis. Lalu ada Hilyat Al-Abdul yang mnjelaskan pentingnya perjalanan
Spiritual.
Mengusung
Tasawuf Falsafi
“Meski
pemikiranya memiliki pengaruh besai, ia pun tak sepi kritik”
Ibnu arabi adalah filsuf yang
mengembangkan tasawuf falsaf pemikiranya menarik minat para cendikiawan, lepas
pro dan kontra atas pemikiranya Ibnu Arabi mengembangkan pemikiran wahdatul
wujud dalam tasawuf falsafinijr, kecenderunganya ini membuat ulama Fikih
menyerang pemikiranya seperti Ibnu Al-Jauzrdan Ibnu Taimiyah.
Prof.Kautsar (dai uin Syarid
Hidayatulloh seminar filsafah tanggal 16-01-2010) mengungkapkan, Ibnu Arabi
mengklaim pengetahuan yang diperoleh melalu “penyikapan Al-Futuhat
Al-Makiyah(penyikapan-penyikapan mekah) dan karya Ibnu Arabi lain merupakan
tafsir Al-Qur’an. Meski tak ada kutipan langsung dari Al-Qur’an, tak mungkn
memahami arya-karya Ibnu Arabi tanpa mnengingat Al-Qur’an (Pemikiran Ibnu Arabi
Mieh Chodkiwics)
Ibnu Arabi menyatakan bahwa :
Al-Qur’an mencakup global segala
sesuatum. Semua kitab suci yang diwahyukan. Semua Ilmu dan disebut Ibu kitab
(Induk Seluruh Kitab) Sebab Al-Qur’an mengandung akar atau ide segala ilmu lan
yang di turunkan, ia memiliki pencakupan yang tidak dimiliki oleh semua kitab
lain, dan mengukuhkan sifat Al-Qur’an dengan diturunkanya itu kepada Nabi
Muhammad SAW sebab menurut Aisyah RA akhlak Rasulullah SAW adalah Al-Qur’an
yang berart Rasululloh itu akhlaknya unik dan mencakup semua akhlak mulia.
Perbandingan Al-Qur’an dengan
Taurat : Taurat lebih banyak mengandung ajaran social, menekankan pada aspek
lahiriyah dan dengan Injil yang lebih banyak mengandung ajaran spiritual
menekankan aspek esoteric. Sedangkan Al-Qur’an mengandung dua ajaran ini
sekaligus.
Allah adalah cakupan realitas
keseluruhan nama-nama illahi Allah adalam mencakup semua nama sebagaimana
Penampakany-Nya (Al-yajalli) memiliki semua bentuk, pencakuan isemna nama ini
sering disebut Al-qur’an. Sehingga ia mengatakan bahwa Al-Qur’an merupakan
sifat Allah yang ditemukan pada diri Muhammad SAW sebagai manusia sempurna abdi
insan kami!
Ibnu Arabi meninggalkan waiat
kepada umat islam untuk membaca dan merenungkan kedalaman al-Qur’an
(mempelajari, mengkaji hakikat secara dalam dengan kalbu” yang berimplikasi
pada transfirmasi spiritual dalam perjalanan menuju Allah. Sehingga umat islam
akan sadar kepada pengetahuan dan kualitas-kualitas dan sifat-sifat terpuji dan
menghindari sifat tercela.
Seterusnya umnat islam untuk
mersemangat memelihara Al-Qur’an dengan menghafal dan mengamalkannya. Sebab
tiada yang paling pedih siksanya daripada orang yang menghafal satu ayat
Al-qur’an lalu melupakanya atau tidak mengamalkanya.
Menurut Saifudin Ansit meski Ibnu
Arabi tak memiliki aliran tarekat tertentu tetapi ajaranya member pengaruh
terhadap banyak sufi juga pada filsuf Ibnu Rusyd sebagai ahli bid’ah, dan
meminta bukunya di bakar seperti Abu Hayyuan Al-Andalusi, Muhaman Ibnu Nur
Al-Din dan Ibnu Taimiyah dan al Dhahab.
Republika
21
Rabu
8 Juli 2009
Jejak
Hidup Sang Dokter
Avenzoar
itulah nama yang ikenal dunia, Nama lengkapnya adalah Abu Marwah Abdul Malik
Ibnu Zuhr atau Ibnu Zuhr, Lahir di Seville spanyol tahun 1091. Dia dikenal
sebagai dokter, apoteker, ahli bedah, sarjana islam dan seorang guru. Dia
pernah dianggap sebagai Yahudim, tapi George Sarton Bapak sejarah Sains
memastikan sang dokter adalah Muslim.
Ibnu Zuhr
adalah keturunan bani Zuhr yang melahirkan lima generasi dokter, Ibnu Zuhr
pernah dipenjara di Marrakech selama 10 tahun oleh penguasa zaman itu. Setelah
kekuasaan dinasti itu berakhir Ibnu Zuhr mengabdi kepada Dinasti Al Muwahidin
di Andalusia
Ibnu Zuhr
adalah teman, murid dan guru seorang dokter serta filsuf terkemuka Ibnu Rusyd
di Era ini Ibnu menulisi karya-karyanya,, meninggal pada tahun 1161 m di Sevillee.
Ibnu Zuhr
mewariskan kitab kedokteran penting bagi peradaban manusia modern seperti :
Kitab At tasyr fi Al-Mudawat wa Al-tadbir (perawatan dan diet) Sebuah
ensiklopedia kedokterna dan mengumpulkan bukunya dengan Ibnu Rusyd Generalities
on Medicine kedua buku ini saling melengkapi. Juga buku Luring Souls dan bodies
(rangkuman berbagai penyakit dan pencegahanya serta kesehatan dan psikoterapi),
lalu ada kitab (Nutrilon and Medicine) berisi tentang beragam jenis makanan
bergizi, obat-obatan serta dampaknya bagi kesehatan.
Semuanya
membuktikan bakat dan keahlian Ibnu Zuhr Buku karya Ibnu Zuhr di terjemahkan
kedalam bahasa latin pada 1490m dan digunakan hingga abad ke 0. Salinan karya
Ibnu Zuhr dan Ibnu Rusyd masih tersimpan di banyak perpustakaan seperti perpustakaan
umu di rabai, perpus di paris, oliford inggris dan Loon di Italia.
Lewat
karya-karya irulah istilah pemikiran Ibnu Zuhr hingga kini tidak pernah mati.
Pengobatan
Jantung Ala Ibnu Zuhr
Pericarditis adalah penyakit
peradangan pada pericardium (Kantong yang mengelilingi Jantung). Pericarditis
dpat menyebabkan cairan menumpuk di dalam pericardium dan menekan jantung,
membatasi kemampuan jantung untuk mengisi dan memompa darah.
Dunia medis mencatat penyakit
jantung merupakan penyebab kematian nomer 1 di dunia. Para ahli memperkirakan
tahun 2020 kematian akibat penyakit jantung mencapai 20 juta kasus.
Dunia Islam telah mengenal dan
menguasai penyakit Hakin dan salah R Elfaqih dalam karyanya dunia medis islam
di era kekhalifahan sudah menguasai ilmu pengobatan jantung. Menurut mereka
Dokter muslim yang sudah mengkaji dan menguasai pengobatan penyakit di zaman
keemasan islam adalah Ibnu Zuhr (1090-1164m) hasil karya Ibnu Zuhr kitab Al
Taysir di temukan fakta bahwa karya dokter muslim legendaries itu sudah
menguasai pengobatan pericarditis.
Ibnu Zuhr membahas dan melengkapi
pengobatan peracarditis terdiri dari dua volume dalam satu edisi. Kajia
pericarditis dikupas khusus dalam bab khusus “Dhikru Amdili al Qalb” Ibnu Zuhr
membahas berbagai penyakit jantung di mulai dari bab tawarum (pembengkakan)bab
ikhtilaj (denyutan) dan bab khataqan (debaran) lalu membahas pericarditis.
Ibnu Zuhr menuturkan perawatan
terhadap konsisi ini belum pernaha ada yang menjelaskan termasuk Galen. Lalu ia
mencari solusi dengan caranya sendiri : “Pengobatan aromatic”
Jika dokter menunda perawatan
maka mesti Ibnu Zuhr tidak hanya menjelaskan jenis-jenis fibrineous
pericarditis menurut Pe Bruno penjelasan Ibnu Zuhr tentang Cairan yang menutup
pericardium seperti air urin adalah sesuai dengan kegotera modern dan dieroleh
dengan bedah mayat.
Dalam kitabnya pembahasan jantung
diletakan setelah paru-paru dan sebelum penyakit hati. Ibnu Zuhr membuka kajian
tentang penyakit jantung dengan pernyataan “Penyakit jantung dapat menyebabkan
organ” lain menderita”.
Ibnnu Zuhr dapat menjelaskan dalam klasifikasi penyakit organ terpengaruhi dengan definisi kolektif dan klasifikasi utama penyakit dan diikuti dengan penyakit.
Ibnnu Zuhr dapat menjelaskan dalam klasifikasi penyakit organ terpengaruhi dengan definisi kolektif dan klasifikasi utama penyakit dan diikuti dengan penyakit.
Selain itu mengkritisi tinjauan
pandangan yang dahulu dari…..
Kontribusi Al-Shatir dalam bidang teknik
Jam Astrolab: Ibnu Al-Shatir menemukan jam astrolabe pertama
di awal abad ke-14M (David King, The Astronomy of the Mamluks)
Jam Matahari: Ibnu Al-Shatir merakit jam matahari yang bagus
untuk menara mesjid Umayyah di Damaskus, Suriah. Di kenal sebagai muwaqqit
(pengatur waktu ibadah) tetapi masih merupakanjam matahari kuno yang didasarkan
pada garis jam lurus dengan membagi waktu dalam sehari dengan 12 jam, pada
musim dingin waktu pendek, sedangkan musim panas waktu lebih panjang. Jam
matahari itu merupakan polar axis sundial paling tua yang masih tetap eksis
hingga kini,( Jones Lawrence, The Sundial And Geometry)
Kompas: Ibnu Al-Shatir juga menemukan kompas, sebuah
perangkat pengatur waktu yang menggabungkan jam matahari dan kompas magnetis
awal abad ke 14 M (David King, The Astronomy of the Mamluks)
Instrument Universal: Ibnu Al-Shatir instrument astronomi
lainnya yang ia sebut sebagai instrument universal. Taqi al-Din menggunkan
instrument itu di observaturium al-Din Istanbul 1577-1580 M.
IBNU AL-SHATIR SANG PENEMU JAM ASTROLAB
Seorang ahli Astronomi muslim (1304-1375 M) bernama Ala
Al-Din Abu’l Hasan Ali ibnu Ibrahim ibnu A-Shatir disamping juga ahli
matematika dan ahli mesin,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar