Minggu, 25 Maret 2012

REPUBLIKA 21


REPUBLIKA 21
 Senin, 24 Agustus 2009
                Sejarah penerbangan legendaries
                Kisah penerbangan celebi bersaudara menjadi sebuah kisah yang melegenda, dicatat oleh seorang penuis abad ke-17 M. yakni Evliya Celebi dalam bukunya “seyahatname” menulis tentang penerbangan “hezarfen”
                Hezarfen berusaha melakukan penerbangan dengan meluncur dari atas menara Okmeydani antara dekapan kekuatan sayap yang diterpa angin. Juga dari puncak menara Galata menuju Dogankilar di Uskudan.
                Hezarfen adalah nama yang diberikan Eulya Celebi yang artinya seribu pengetahuan, namun lahirnya adalah Ahmad Celebi Eulya juga menuliskan kisah Lagari Celebi penerbang roket dengan menggunakan bubuk mesiu.
                Sultan Murad ke IV kagum akan pencapaian Hezarfen dan mengatakan bahwa dia telah membuka era baru dalam sejarah penerbangan, keberanian dan kehebatan Celebi bersaudara terukir dalam sejarah penerbangan, untuk mengenang jasa-jasa merekanya namun mereka diabadikan pada sebuah bandara utama Istana oleh pemerintah Turki.
“Kisah penerbangan Celebi bersaudara”
                Pada abad ke-17M dua ilmuan muslim berhasil melakukan uji coba penerbangan Celebi bersaudara dikenal sangat tertarik dan cinta terhadap ilmu pengetahuan khususnya fisika, yang terkait dengan dunia penerbangan.
                Celebi bersaudara berhasil menerbangkan pesawat ciptaan mereka sendiri meskipun dengan teknologi yang cukup sederhana. Tetapi pesawat hasil ciptaan mereka merupakan model dari pesawat-pesawat di dunia penerbangan modern saat ini.
·         Hezarfen Ahmad Celebi
Ketika terjadi pertempuran sengit di laut antara tentara Turki Usmania dengan pasukan asal Genoa, Italia. Tentara Turki termasuk Hezarfen menjadi pemenangnya.
                Hezarfen menikah dengan Fransesca, putrid sang kapten kapal dan Genoa yang selamat dari pertempuran dan menjadi tawanan tentara Turki Usmani. Fransesca merupakan perempuan yang cerdas, dia memiliki ilmu pengetahuan dari riset-riset penerbangan yang dilakukan di negaranya
                Fransesca dan lagari Celebi membantu Hezarfen melakukan riset untuk menciptakan pesawat penerbangan, Hezarfen terobsesi menciptakan pesawat terbang karena trinspirasi oleh ilmuan muslim yang tertarik dengan dunia penerbangan yakni ismail ceuheri.tetapi ismail gagal ia meninggal saat melakukan uji coba pesawatnya terbang dari sebuah menara pada abad ke 10,karena ismail kurang memiliki pengetahuan tentang areodinamica sayap.
                Hezarfen berupaya keras menyempurnaakan riset penerbangan ismail ceuhari bersama sodaranya,ia melakukan sisa study terhadap burung dan melakukan percobaan sebanyak 9kali.
                Hezarfen memperagakan penerbangan pesawatnya di depan sultan murad IV dan pendudukan Istanbul pada tahun 1630,dan menara galata yang tingginya 183 kaki. Pesawat terbangnya terbuat dari kulit binatang yang di sangga oleh rangka-rangka kayu. Hezarfen berhasil terbang dengan tinggi diatas 150m dari permukaan laut menuju oskuda dan mendarat dengan selamat di poganeiandi oskuda.jarak tempuhnya 3200m.
                Hezarfen merupakan orang pertama yang melakukan penerbangan lintas benua dari eropa menujun asia.
·         Lagari hasan celebi
Lagari adalah sodara hezarfen,ia melakukan penelitian pesawat terbang bertenaga dorong ledakan yang sekarang disebut roket.lagari pertama kali menerbangkan roketnya saat kelahiran putri sultan murad IV dari istana copkapi,Istanbul tahun 1673.
Parasut untuk mendarat di tempat peristirahatan Seltan Muad IV di Sinan Pasha. Peristiwa itu dicatat sebagai peristiwa penerbangan vertical pertama di dunia dengan system roket. Menurut sejarah Lagari berhasil mencapai kira-kira 300 meter dalam waktu 20 detik.
Karena prestasi mereka yang gemilang Sultan Muad member hadiah Hezarfen 1000 keping emas dan Lagari menjadi pejabat militer terpenting AD turki, Akibat nitric politik hubungan Celebi bersaudara dengan Sultan Muad IV menjadi renggang sampai memburuk yang akhirnyua Celebi bersaudara dibuang ke Afrika dan Al-Jazair, dengan status tahanan politik dan mereka meninggal di Crimea sekitar tahun 1940 tempat percobaan roket rusia yang pertama.
Kehebatan dua ilmuwan penerbangan bersaudara saat itu menghebohkan Negara-negara Eropa dan menjadi buah bibir public Inggris tahun 1638 dan di catat penulis terkenal John Wilkins dalam bukunya “Discover Of New World”.

Republika 20
Jum’at 21 Agustus 2009
Konservasi Lingkungan Dalam Pandangan Islam
Dalam Ekologi Islam, semua ciptaan di semesta alam ini milik Allah SWT dan bukan milik manusia, jadi pemikiran semesta alam, tumbuhan, hewan diciptakan dan diambil keuntungan masausi sampai mendorong pengerusakan alam dan hasil-hasil alam tidak semestinya adalah tidak semestinya adalah tidak benar, Ajaran Islam mengajarkan alam semesta setiap waktu berdzikir beribadah mengagungkan Allah SWT. Alam semesta ini mengabdi kepada allah SWT maka alam tidak boleh dirusak demi kepentingan manusia yang serakah.
Islam mengajarkan umatnya berbuat baik kepada lngkungan, binatang maupun tumbuhan.
Nabi Muhammad SAW bersabda siapapun yang berbuat baik kepada alam dengan hati yang tulus akan mendapat pahala. Ibnu Talmiyah mengatakan ayat-ayat Al-Qur’an mengingatkan bahwa Allah SWT menciptakan alam untuk alasan yang lebih baik dari pada hanya untuk melayani manusia.
Enviromentali modern bernama Mawil Y Izzi Dean menegaskan melestarikan lingkungan hukumnya wajib menurut ajaran islam.
Asisten professor Universitas Kins Abdul Aziz Univrsity Jedah dalam essainya yang berjudul “Islamic Enviromental Ethies Law And Society” menuturkan konservasi lingkungan harus dilakukan sebab lingkungan merupakan ciptaan Allah SWT.
Sejak zaman Nabi Muhammad SAW islam telah mengajarkan untuk melakukan konservasi alam yang merupakan zona proteksi yang tidak boleh di berdirikan bangunan atau di buat lading.
Hma digunakan untuk melingungi tumbuhan dan satwa liar.Jika lingkungan dirusak dan tidak dijaga maka akan menimbulkan berbagai macam bencana dan penyakit.
Ekologi dan kesehatan dalam apndangan Ilmuwan muslim
Beberpa ilmuwan muslim dizaman keemasan Islam yang mengkaji hubungan Ekilogi dan kesehatan antara lain :
·         Al-Kiridi (Yaqub Ibnu Ishaq Al-Kindi abad ke -9 m)
Menulis risalah cara-cara mengatasi peklosi udara agar tidak berbahaya bag kesehatan dan bahaya polusi udara terhadap kesehatan itu yang sumbernya adalah buku sabian atau pengetahuan sekte mandian yang merupakan pemuja binatang di Babilonia.
·         Qusta Ibnu Luqa (abad ke 10m penulis dan penerjemah buku)

Salah satu karya besar yang ditulis Ibnu Luqa adalah : “Medical Reigme For The Pilgrims co Mecca” (buku pedoman kesehatan bagi para jamaah haji). Buku ini petunjuk kesehatan jamaah haji menghadapi lingkungan ekstrim si Madinah.
Beberapa buku tersebut juga berisi tentang kaitan antara penyakit dengan lingkunganya diantara pada BAB 4 di bahas tentang berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh hembusan angin yang berbeda-beda. BAB 6 memaparkan tentang batuk dan pilek yang di sebabkan oleh perubahan cuaca dan cara menyembuhkanya. BAB 7 mengkaji penyakit mata yang disebabkan oleh debu dan angin serta cara menanganinya. BAB 8 pengujian berbagai macam air untuk mencari jenis air terbaik dan pada BAB selanjutnya memaparkan cara memperbaiki air yang telah terkontaminasi.
·         Al-Razl (                        )
Al Razl terkenal sangat peduli dengan berbagai macam kejadian alam. Dalam buku versi bahasa Inggrisnya “Types od water” dia mengkaji masalah air dari berbagai sudut pandang baik secara medis, geologis, dia juga menulis risalah “Epistle od Chronoc Coryza at The Bloom Of The Roses” menggambarkan efek debu sebuk sari pada bunga mawar dapat menyebabkan saluran pernafasan manusia.
·         Al –Tamimi (abad ke 10 m)
Al-Tamimi membuat buku secara berseri yan diklasifikasikan sebgai berikut :
a)      Pertama       : Berbagai tipe polusi udara dan hubunganya dengan kondisi geografi.
b)      Kedua           : Berbagai penyuakit akibar polusi udara dan berbagai macam infeksi alami.
c)       Ketiga           : Prosedur higienisasi ingkungan ketika epidermis terjadi.
d)      Keempat     : cara mengatasi polusi air.
e)      Kelima          : Cara merawat air di alam dan berbagai macam polusinya.
f)       Keenam       : Obat untuk menuatkan pertahanan tubuh.
g)      Ketujuh        : Penggunaan wewanian, musik dan terapi psikologi guna meningkarkan kekebalan tubuh dan infeksi.
h)      Kedelapan  : Tentang cirri-ciri cacar dan dampaknya serta cara mengobatinya.
i)        Kesembilan : Obat-obatan bagi penderita masuk angin.
Al-Tamimi juga menulis buku tentang jus asam dan acar untuk mencegah penyakit. Metoda memperbaiki kualitas udara dan meningkatkan pertahanan tubuh dari penyakit.

·         Abu Sahl Al-masihi
Al Masihi adalah ilmuwan yang terkenal karena ketuturan dan kejelasanya dalam mentusun karya. Dia mengklasifikasikan penyakit berdasarkan penyebabnya (diagnosis), menentukan cara penyembuhannya serta Jadwal pemberian obat dan alasanya.
Al-Masihi menulis risalah yang dijadikan empat seksi, diantaranya :
1.       Pentingnya udara untuk kehidupan, perubahan komposisi isi udara, dampak udara terhadap kesehatan tubuh, cara epidermi menjangkit cara pencegahan dan penyebuhanya sesuai tipe-tpe epidermi penyakit.
2.       Menganalisa perbedaan penyakir, Endemik, Epidermik dan penyakit akibat bencana.
3.       Beberapa sebab epidermik antara lain tingkat kelembaban udara tidak normal juga bencana alam.

·         Ibnu Sina
Tema yang di angkat Ibnu Sina tentang Ekologi dan kesehatan adalah antara lain :
o   Proses pelapukan
o   Tipe udara termasuk kualitas daya dan cara perawatanya.
o   Penyakit-penyakit yang desebabkan udara yang tidak murni.
o   Cara mendesain rumah.
o   Pemilihan lokasi rumah berdasarkan kesehatan.
o   Binatang-binatang yang menimbulkan polusi dan penyakit
o   Tanda-tanda alam yang menunjukan bakal munculnya wabah atau bencana alam seperti tikus dan binatang-binatang di dalam tanah keluar ke permukaan.



Republika 21
Rabu, 27 Januari 2010
Hidup dan Karya Ibnu Arabi
Nama lengkapnya adalah Abu Abdullah Muhammad Bin ‘Ali Ibnu Muhammad Ibnu Al Arabi Al-Hatimi – Al-Tha’i. Lahir di Murcia 28 Juli 1165
Pada saat berusia 35 tahun ia melakukan perjalanan ke mekkah dan tinggal sekitar 3 tahun dan menuliskan karya yang paling terkenal, Al-Futuhat Al-Makiyyah.
Pada tahun 1223 menetap di Damaskus Surriah sampai meninggal. Semasa hidup menurup Saiffudin Amsir dia memiliki sekitar 4000 buku dan 20 Karya utamanya tentanf tasawuf yang terkenal adalah Futuhat Al Makiyyah dan Fusus Al Hikam, ia juga menulis Diwan, yaitu koleksi puisi yang terdiri dari 5 volume. Miskhat Al-Anwar berisi koleksi penting hadist-hadist Qudsi, Berbahai tanggapan nterhadap kritik kepadanya dipublikasikan dengan sebuah komentar yang menjelaskan makna dari symbol-simbol puitis. Lalu ada Hilyat Al-Abdul yang mnjelaskan pentingnya perjalanan Spiritual.
Mengusung Tasawuf Falsafi
“Meski pemikiranya memiliki pengaruh besai, ia pun tak sepi kritik”
Ibnu arabi adalah filsuf yang mengembangkan tasawuf falsaf pemikiranya menarik minat para cendikiawan, lepas pro dan kontra atas pemikiranya Ibnu Arabi mengembangkan pemikiran wahdatul wujud dalam tasawuf falsafinijr, kecenderunganya ini membuat ulama Fikih menyerang pemikiranya seperti Ibnu Al-Jauzrdan Ibnu Taimiyah.
Prof.Kautsar (dai uin Syarid Hidayatulloh seminar filsafah tanggal 16-01-2010) mengungkapkan, Ibnu Arabi mengklaim pengetahuan yang diperoleh melalu “penyikapan Al-Futuhat Al-Makiyah(penyikapan-penyikapan mekah) dan karya Ibnu Arabi lain merupakan tafsir Al-Qur’an. Meski tak ada kutipan langsung dari Al-Qur’an, tak mungkn memahami arya-karya Ibnu Arabi tanpa mnengingat Al-Qur’an (Pemikiran Ibnu Arabi Mieh Chodkiwics)
Ibnu Arabi menyatakan bahwa :
Al-Qur’an mencakup global segala sesuatum. Semua kitab suci yang diwahyukan. Semua Ilmu dan disebut Ibu kitab (Induk Seluruh Kitab) Sebab Al-Qur’an mengandung akar atau ide segala ilmu lan yang di turunkan, ia memiliki pencakupan yang tidak dimiliki oleh semua kitab lain, dan mengukuhkan sifat Al-Qur’an dengan diturunkanya itu kepada Nabi Muhammad SAW sebab menurut Aisyah RA akhlak Rasulullah SAW adalah Al-Qur’an yang berart Rasululloh itu akhlaknya unik dan mencakup semua akhlak mulia.
Perbandingan Al-Qur’an dengan Taurat : Taurat lebih banyak mengandung ajaran social, menekankan pada aspek lahiriyah dan dengan Injil yang lebih banyak mengandung ajaran spiritual menekankan aspek esoteric. Sedangkan Al-Qur’an mengandung dua ajaran ini sekaligus.
Allah adalah cakupan realitas keseluruhan nama-nama illahi Allah adalam mencakup semua nama sebagaimana Penampakany-Nya (Al-yajalli) memiliki semua bentuk, pencakuan isemna nama ini sering disebut Al-qur’an. Sehingga ia mengatakan bahwa Al-Qur’an merupakan sifat Allah yang ditemukan pada diri Muhammad SAW sebagai manusia sempurna abdi insan kami!
Ibnu Arabi meninggalkan waiat kepada umat islam untuk membaca dan merenungkan kedalaman al-Qur’an (mempelajari, mengkaji hakikat secara dalam dengan kalbu” yang berimplikasi pada transfirmasi spiritual dalam perjalanan menuju Allah. Sehingga umat islam akan sadar kepada pengetahuan dan kualitas-kualitas dan sifat-sifat terpuji dan menghindari sifat tercela.
Seterusnya umnat islam untuk mersemangat memelihara Al-Qur’an dengan menghafal dan mengamalkannya. Sebab tiada yang paling pedih siksanya daripada orang yang menghafal satu ayat Al-qur’an lalu melupakanya atau tidak mengamalkanya.
Menurut Saifudin Ansit meski Ibnu Arabi tak memiliki aliran tarekat tertentu tetapi ajaranya member pengaruh terhadap banyak sufi juga pada filsuf Ibnu Rusyd sebagai ahli bid’ah, dan meminta bukunya di bakar seperti Abu Hayyuan Al-Andalusi, Muhaman Ibnu Nur Al-Din dan Ibnu Taimiyah dan al Dhahab.

Republika 21
Rabu 8 Juli 2009
Jejak Hidup Sang Dokter
Avenzoar itulah nama yang ikenal dunia, Nama lengkapnya adalah Abu Marwah Abdul Malik Ibnu Zuhr atau Ibnu Zuhr, Lahir di Seville spanyol tahun 1091. Dia dikenal sebagai dokter, apoteker, ahli bedah, sarjana islam dan seorang guru. Dia pernah dianggap sebagai Yahudim, tapi George Sarton Bapak sejarah Sains memastikan sang dokter adalah Muslim.
Ibnu Zuhr adalah keturunan bani Zuhr yang melahirkan lima generasi dokter, Ibnu Zuhr pernah dipenjara di Marrakech selama 10 tahun oleh penguasa zaman itu. Setelah kekuasaan dinasti itu berakhir Ibnu Zuhr mengabdi kepada Dinasti Al Muwahidin di Andalusia
Ibnu Zuhr adalah teman, murid dan guru seorang dokter serta filsuf terkemuka Ibnu Rusyd di Era ini Ibnu menulisi karya-karyanya,, meninggal pada tahun 1161 m di Sevillee.
Ibnu Zuhr mewariskan kitab kedokteran penting bagi peradaban manusia modern seperti : Kitab At tasyr fi Al-Mudawat wa Al-tadbir (perawatan dan diet) Sebuah ensiklopedia kedokterna dan mengumpulkan bukunya dengan Ibnu Rusyd Generalities on Medicine kedua buku ini saling melengkapi. Juga buku Luring Souls dan bodies (rangkuman berbagai penyakit dan pencegahanya serta kesehatan dan psikoterapi), lalu ada kitab (Nutrilon and Medicine) berisi tentang beragam jenis makanan bergizi, obat-obatan serta dampaknya bagi kesehatan.
Semuanya membuktikan bakat dan keahlian Ibnu Zuhr Buku karya Ibnu Zuhr di terjemahkan kedalam bahasa latin pada 1490m dan digunakan hingga abad ke 0. Salinan karya Ibnu Zuhr dan Ibnu Rusyd masih tersimpan di banyak perpustakaan seperti perpustakaan umu di rabai, perpus di paris, oliford inggris dan Loon di Italia.
Lewat karya-karya irulah istilah pemikiran Ibnu Zuhr hingga kini tidak pernah mati.

Pengobatan Jantung Ala Ibnu Zuhr
Pericarditis adalah penyakit peradangan pada pericardium (Kantong yang mengelilingi Jantung). Pericarditis dpat menyebabkan cairan menumpuk di dalam pericardium dan menekan jantung, membatasi kemampuan jantung untuk mengisi dan memompa darah.
Dunia medis mencatat penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomer 1 di dunia. Para ahli memperkirakan tahun 2020 kematian akibat penyakit jantung mencapai 20 juta kasus.
Dunia Islam telah mengenal dan menguasai penyakit Hakin dan salah R Elfaqih dalam karyanya dunia medis islam di era kekhalifahan sudah menguasai ilmu pengobatan jantung. Menurut mereka Dokter muslim yang sudah mengkaji dan menguasai pengobatan penyakit di zaman keemasan islam adalah Ibnu Zuhr (1090-1164m) hasil karya Ibnu Zuhr kitab Al Taysir di temukan fakta bahwa karya dokter muslim legendaries itu sudah menguasai pengobatan pericarditis.
Ibnu Zuhr membahas dan melengkapi pengobatan peracarditis terdiri dari dua volume dalam satu edisi. Kajia pericarditis dikupas khusus dalam bab khusus “Dhikru Amdili al Qalb” Ibnu Zuhr membahas berbagai penyakit jantung di mulai dari bab tawarum (pembengkakan)bab ikhtilaj (denyutan) dan bab khataqan (debaran) lalu membahas pericarditis.
Ibnu Zuhr menuturkan perawatan terhadap konsisi ini belum pernaha ada yang menjelaskan termasuk Galen. Lalu ia mencari solusi dengan caranya sendiri : “Pengobatan aromatic”
Jika dokter menunda perawatan maka mesti Ibnu Zuhr tidak hanya menjelaskan jenis-jenis fibrineous pericarditis menurut Pe Bruno penjelasan Ibnu Zuhr tentang Cairan yang menutup pericardium seperti air urin adalah sesuai dengan kegotera modern dan dieroleh dengan bedah mayat.
Dalam kitabnya pembahasan jantung diletakan setelah paru-paru dan sebelum penyakit hati. Ibnu Zuhr membuka kajian tentang penyakit jantung dengan pernyataan “Penyakit jantung dapat menyebabkan organ” lain menderita”.
Ibnnu Zuhr dapat menjelaskan dalam klasifikasi penyakit organ terpengaruhi dengan definisi kolektif dan klasifikasi utama penyakit dan diikuti dengan penyakit.
Selain itu mengkritisi tinjauan pandangan yang dahulu dari…..
Kontribusi Al-Shatir dalam bidang teknik
Jam Astrolab: Ibnu Al-Shatir menemukan jam astrolabe pertama di awal abad ke-14M (David King, The Astronomy of the Mamluks)
Jam Matahari: Ibnu Al-Shatir merakit jam matahari yang bagus untuk menara mesjid Umayyah di Damaskus, Suriah. Di kenal sebagai muwaqqit (pengatur waktu ibadah) tetapi masih merupakanjam matahari kuno yang didasarkan pada garis jam lurus dengan membagi waktu dalam sehari dengan 12 jam, pada musim dingin waktu pendek, sedangkan musim panas waktu lebih panjang. Jam matahari itu merupakan polar axis sundial paling tua yang masih tetap eksis hingga kini,( Jones Lawrence, The Sundial And Geometry)
Kompas: Ibnu Al-Shatir juga menemukan kompas, sebuah perangkat pengatur waktu yang menggabungkan jam matahari dan kompas magnetis awal abad ke 14 M (David King, The Astronomy of the Mamluks)
Instrument Universal: Ibnu Al-Shatir instrument astronomi lainnya yang ia sebut sebagai instrument universal. Taqi al-Din menggunkan instrument itu di observaturium al-Din Istanbul 1577-1580 M.
IBNU AL-SHATIR SANG PENEMU JAM ASTROLAB
Seorang ahli Astronomi muslim (1304-1375 M) bernama Ala Al-Din Abu’l Hasan Ali ibnu Ibrahim ibnu A-Shatir disamping juga ahli matematika dan ahli mesin,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar