Senin, 09 April 2012

tugas klh1 RPPN DAN DAERAH

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Rencana strategis merupakan dokumen yang menjadi panduan bagi organisasi dalam upaya mencapai tujuan-tujuannya, melalui identifikasi permasalahan, cara memecahkan permasalahan, dan cara-cara mengoptimalkan sumber daya organisasi dalam mengembangkan organisasi. Dalam situasi dunia yang berubah cepat, tak pelak setiap organisasi perlu menentukan langkah-langkah dalam mengantisipasi perubahan tersebut. Organisasi harus memikirkan strategi dan kemungkinan-kemungkinan sasaran-sasaran dan apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasi masalah-masalah yang akan timbul hari serta kesempatan yang ada dengan menggunakan sarana dan prasarana yang tersedia dengan tingkat pencapaian yang optimal. Peranan rencana strategis sangat penting, karena akan diidentifikasikan faktor-faktor strategis dari lingkungan internal dan eksternal serta menentukan pilihan-pilihan strategis untuk mengarahkan langkah-langkah yang harus ditempuh oleh organisasi di masa depan, sehingga kinerja organisasi berlangsung secara kontinu.
Semua komponen-komponen yang digulirkan dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah sehingga sekolah sebagai tatanan penyelenggara pendidikan terdepan dapat lebih memberikan jawaban terhadap permasalahan-permasalahan pendidikan yang terus mengemuka sesuai dengan perkembangan dan dinamika masyarakat. Untuk mewujudkan program tersebut haruslah setiap sekolah mempunyai pedoman pelaksanaan  kerja berupa program kerja, dan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS). Di dalam dokumen program kerja dan rencana pengembangan sekolah (RPS) tersebut, tercantum langkah-langkah strategis yang diperlukan suatu organisasi dalam menentukan arah organisasinya.
B. Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah
1)  RENSTRA SMP NEGERI 1 CIMAUNG KAB. BANDUNG yang  akan ditelaah  kesesuainya dengan PERMEN DIKNAS RI NO 19 TAHUN 2007  akan di analisa  secara terperinci sesuai 10 langkah perencanaan strategis menurut John M Bryson yang dijabarkan sebagai berikut:
A. Langkah 1 : Mencapai dan Menyetujui Kesepakatan Awal Perencanaan Strategis
B. Langkah 2 : Mengidentifikasi Mandat Organisasi
C. Langkah 3 : Menjelaskan Visi dan Misi Organisasi
D. Langkah 4 : Menilai Lingkungan Internal dan Eksternal untuk Menilai SWOT
E. Langkah 5 : Mengidentifikasi Isu Strategis yang Dihadapi Organisasi.
F. Langkah 6 : Memformulasikan Strategi Untuk Mengatur Isu.
G. Langkah 7 : Mereview dan Mengadopsi Perencanaan Strategis.
H. Langkah 8 : Menciptakan Visi Organisasi yang Efektif.
I. Langkah 9 : Membangun Proses Implementasi Yang Efektif.
J. Langkah 10 : Menilai Kembali Proses Perencanaan Strategis.
2) Memberi komentar jika  RENSTRA SMP NEGERI 1 CIMAUNG KAB. BANDUNG ada ketidaksesuaian dengan PERMEN DIKNAS RI NO 19 TAHUN 2007  




BAB II
ANALISIS RENSTRA SMP NEGERI 1 CIMAUNG KAB. BANDUNG BERDASARKAN 10 LANGKAH JHON BRYSON
A. Langkah 1 : Mencapai dan Menyetujui Kesepakatan Awal Perencanaan Strategis
Menurut Bryson tujuan awal adalah mencapai kesepakatan dengan pihak pembuat keputusan internal & eksternal mengenai keseluruhan strategic planning & langkah-langkah kunci yang akan dilakukan.
‘Dalam RENSTRA SMP NEGERI 1 CIMAUNG KAB. BANDUNG tujuannya sesudah di baca telah sesuai dengan langkah 1 Jhon Bryson yaitu ada hal yang ingin dicapai dan persetujuan kesepakatan awal renstra.
‘Dalam RENSTRA SMP NEGERI 1 CIMAUNG KAB. BANDUNG tujuannya sudah sesuai juga PERMEN DIKNAS RI NO 19 TAHUN 2007 .
B. Langkah 2 : Mengidentifikasi Mandat Organisasi
Secara formal dan informal, mandat organisasi memuat hal-hal yang “HARUS” dilaksanakan meliputi; persyaratan2, batasan-batasan, harapan, tekanan yang dihadapi.
‘Dalam RENSTRA SMP NEGERI 1 CIMAUNG KAB. BANDUNG tertuang dalam latar belakang dibuatnya renstra yaitu: “Dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah sehingga sekolah sebagai tatanan penyelenggara pendidikan terdepan dapat lebih memberikan jawaban terhadap permasalahan-permasalahan pendidikan yang terus mengemuka sesuai dengan perkembangan dan dinamika masyarakat. Sedangkan tujuan sekolahnya adalah: 
  1. Meningkatnya nilai rata-rata hasil UN + 0,50 setiap tahun dengan standar minimal 5,01
  2. Memfasilitasi siswa untuk mencapai Kriteria Kelulusan Minimal (KKM)
  3. Dalam jangka 2-3 tahun kedepan meraih 10 besar prestasi akademik dan non akademik tingkat Kabupaten
  4. Mempersiapkan peserta didik sebagai bagian dari anggota masyarakat yang mandiri dan berguna
  5. Mempersiapkan peserta didik dalam melanjutkan pendidikan lebih lanjut
Komentar: tujuan sudah ada kesamaan dengan LAMPIRAN PERMEN DIKNAS RI NO 19 TAHUN 2007 TANGGAL 23 MEI no A3
C. Langkah 3 : Menjelaskan Visi dan Misi Organisasi
“Menurut Bryson Sebuah misi organisasi dan mandat juga menunjukkan jalan menuju organisasi utama dan menciptakan nilai-nilai masyarakat”.
Visi menurut R.A. Supriyono adalah pandangan atau wawasan luas manajemen mengenai kondisi (lingkup, skala dan ukuran) yang ingin dicapai oleh organisasi di masa depan.
Misi menurut R.A. Supriyono adalah pernyataan pokok mengenai alasan eksistensi organisasi dan peta umum arah dan pola organisasi di masa depan. Misi menentukan : (1) bagaimana kehendak organisasi berinteraksi dengan lingkungannya, dan (2) bagaimana kehendak organisasi untuk mencapai visi tertentu.
‘Dalam RENSTRA SMP NEGERI 1 CIMAUNG KAB. BANDUNG tertulis Visi Sekolah: Menjadikan SMP Negeri 1 Cimaung yang “BERIMAN”
  • Berprestasi
  • Inovatif dan
  • Mandiri
Indikator Visi
  1. Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik
  2. Terwujudnya lulusan yang cerdas dan kompetitif
  3. Terciptanya kelembagaan sekolah yang selalu belajar (learning school)
  4. Terciptanya masyarakat sekolah yang kondusif dan berkepribadian
  5. Terciptanya kerjasama yang sinergis dengan masyarakat lingkungan sekitar
  6. Terwujudnya manajemen sekolah yang tangguh


‘Dalam RENSTRA SMP NEGERI 1 CIMAUNG KAB. BANDUNG misi sekolah adalah:
  1. Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik
  2. Meningkatkan layanan kependidikan
  3. Mengadakan pembaharuan dan menumbuhkan kreatrifitas unsur-unsur sekolah
  4. Meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan (Staf pengajar, Staf TU dan Karyawan)
  5. Menciptakan lingkungan sekolah sehat, aman dan tertib
  6. Mewujudkan kerjasama yang harmonis antar komponen sekolah

Komentar: visi dan misi sudah ada kesamaan dengan LAMPIRAN PERMEN DIKNAS RI NO 19 TAHUN 2007 TANGGAL 23 MEI no A1 visi sekolah dan A2 misi sekolah
D. Langkah 4 : Menilai Lingkungan Internal dan Eksternal untuk Menilai SWOT
‘Dalam RENSTRA SMP NEGERI 1 CIMAUNG KAB. BANDUNG pada halaman 3 Dalam RENSTRA SMP NEGERI 1 CIMAUNG KAB. BANDUNG sudah dicantumkan analisis lingkungan internal dan eksternal dan pada halaman 19 dicantumkan analisa SWOT.
Analisis S W O T  adalah analisis yang memperlihatkan keadaan nyata secara faktuil:
a. Strengh : Kekuatan
b. Weaknes : Kelemahan
c. Opportunity : Peluang/Kesempatan
d. Threat : Ancaman/Tantangan
Komentar: Dalam RENSTRA SMP NEGERI 1 CIMAUNG KAB. BANDUNG sudah disesuaikan juga dengan  LAMPIRAN PERMEN DIKNAS RI NO 19 TAHUN 2007 TANGGAL 23 MEI no A4
E. Langkah 5 : Mengidentifikasi Isu Strategis yang Dihadapi Organisasi.
Isu strategi pada RENSTRA SMP NEGERI 1 CIMAUNG KAB. BANDUNG ada pada halaman 4 s/d 7.
Komentar: Dalam RENSTRA SMP NEGERI 1 CIMAUNG KAB. BANDUNG sudah disesuaikan juga dengan  LAMPIRAN PERMEN DIKNAS RI NO 19 TAHUN 2007 TANGGAL 23 MEI no B.
F. Langkah 6 : Memformulasikan Strategi Untuk Mengatur Isu.
Menurut Bryson ada dua pendekatan dalam formulasi pengembangan strategi yaitu melalui, yaitu: a) Developing Strategies Through a Five-Part Process (identification of practical alternatives and of dreams or vision; focusing on barries; develop major proposal; taken over the action in the 2 or 3 years implementation; detailed work program for 6 and 12 months) ; dan b) Developing Strategies by Structuring Relationships Among Strategies Options . Strategi yang effektif harus melibatkan beberapa kriteria yang saling terkait dan mempengaruhi satu sama lain, baik secara teknis, administrasi, politik yang berorientasi pada hasil yang juga harus sesuai dengan filosofi dan nilai-nilai Organisasi.
 Dalam RENSTRA SMP NEGERI 1 CIMAUNG KAB. BANDUNG cara-cara pengembangan strategi ada pada halaman 8 -11dan hal 28
Komentar: Dalam RENSTRA SMP NEGERI 1 CIMAUNG KAB. BANDUNG sudah disesuaikan juga dengan  LAMPIRAN PERMEN DIKNAS RI NO 19 TAHUN 2007 TANGGAL 23 MEI no B
G. Langkah 7 : Mereview dan Mengadopsi Perencanaan Strategis.
Dapat dilihat bahwa RENSTRA SMP NEGERI 1 CIMAUNG KAB. BANDUNG berusaha mengimplementasikan rencana strategis yang telah disiapkan sebelumnya dan melakukan review atau evaluasi hal-hal yang perlu mengalami perbaikan. Rencana yang telah diperbaiki sebagai hasil proses review atau evaluasi kemudian diadopsi sebagai rencana yang dilakukan selanjutnya. Dapat di baca pada halaman 10-11 juga pada hal 16 dan 36
H. Langkah 8 : Menciptakan Visi Organisasi yang Efektif.
Sudah dilakukan dengan membuat visi yang efektif “BERIMAN
I. Langkah 9 : Membangun Proses Implementasi Yang Efektif.
Dalam rangka merealisasikan strategi-strategi yang telah dikembangkan. Pengembangan proses perencanaan tindakan sebagai berikut :
a. Peranan implementasi dan tanggungjawab anggota organisasi
b. Sasaran khusus,hasil dan kejadian penting yang diharapkan
c. Langkah penanganan yang relevan
d. Penyusunan jadwal
e. Sumberdaya yang diperlukan dan darimana memperolehnya
f. Proses komunikasi
g. Proses review, monitoring dan prosedur koreksi pada pekerjan yang berjalan
h. Prosedur pertanggung jawaban
Komentar: Dalam RENSTRA SMP NEGERI 1 CIMAUNG KAB. BANDUNG sudah dilakukan  dan disesuaikan juga dengan  LAMPIRAN PERMEN DIKNAS RI NO 19 TAHUN 2007 TANGGAL 23 MEI no B.


J. Langkah 10 : Menilai Kembali Proses Perencanaan Strategis.
Menurut Bryson Setelah proses implementasi telah berlangsung selama beberapa waktu, organisasi harus meninjau strategi dan proses perencanaan strategis sebagai awal babak baru perencanaan strategis. Organisasi harus fokus pada strategi sukses, bertanya apakah mereka harus dipelihara, digantikan oleh strategi lain, atau dihentikan "
SMP NEGERI 1 CIMAUNG KAB. BANDUNG menetapkan untuk melakukan evaluasi dan perubahan RENSTRA nya dalam kurun 5 tahun sekali.













BAB III
KESIMPULAN
RENSTRA SMP NEGERI 1 CIMAUNG KAB. BANDUNG merupakan contoh perencanaan strategis yang sangat terperinci  menurut John Bryson   yaitu 10 langkah proses perencanaan strategis  sehingga memudahkan kita untuk menganalisanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar